SARIAWAN


Sobat..., pasti kamu pernah ngrasain sariawan kan? Rasanya gimana sih? Makan jadi gak nikmat, aduwh1 pokoknya banyak deh! Ya nggak? Nah, simak baik2 ya? Ini ada sekilas tentang sariawan.
            Sariawan,dalam istilah kedokteran disebut stomatis aphtosa.adalah peradangan pada selaput lendir. Bagian yang terkena sariawan adalah munculnya bercak putih kekuningan dengan permukaan agak cekung dan perih jika terkena air/makanan.
            Sariawan bukan tanda kekurangan vit. C. Memag sih, kekurangan vit c bisa meyebabkan sariawan, tapi tidak semua sariawan disebabkan kekurangan vit c. Ada beberapa faktor penyebab sariawan. Misalnya lluka tergigit, mengkonsumsi makanan at minuman panas, alergi, kekurangan vit c dan zat besi, kelainan pencernaan, kebersihan mulut tidak terjaga, faktor psikologi n kondisi ubuh yang tidak fit.
            Sariawan biasanya muncul di bibir bawah, atas, lidah, gusi, n slaput lendir pipi. Luka sariawan menimbulkan rasa nyeri n panas, bercak luka agak kaku n sangat peka terhadap gerakan lidah at mulut. Akibatnya, penderita merasa trganggu waktu makan at berbicara. Penderita biasanya jaga banyak mngeluarkan air liur.
            Biasanya sariawan akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 4-20hr, mka penderita sebaiknya dirujuk ke dokter.
            Agar tidak sariawan, kita mesti mejaga kesehatan mulut, menghindari luka pada mulut saat menggosok gigi. Menghindari pasta gigi yang merangsang, makanan yang terlalu panas, obat2 an, atau zat makanan yang menimbulkan energi. 
semoga bermanfaat ... :)

2 komentar on "SARIAWAN"

Blogroll