Silaturrahmi yuukkk :D


َعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( مَنْ أََحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ عَلَيْهِ فِي رِزْقِهِ, وَأَنْ يُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ, فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ )  أَخْرَجَهُ اَلْبُخَارِيُّ 

Artinya : Dari Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Barangsiapa ingin dilapangkan rizqinya dan dipanjangkan umurnya, hendaknya ia menghubungkan tali kekerabatan." Riwayat Bukhari. 

Keutamaan memelihara silaturrahmi

a.       Diluaskan rezekinya. Orang yang selalu bersilaturrahmi tentunya akan memiliki banyak relasi, sedangkan relasi adalah salah satu faktor yang akan menunjang kesuksesan seorang dalam berusaha atau berbisnis. Selain itu, dengan banyak teman, berarti akan memperbanyak saudara dan berarti meningkatkan ketaqwaan kepada Allah.

"Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan Mengadakan baginya jalan keluar dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya" (Q.S : 65 : 2-3)

b.      Dipanjangkan umurnya. Banyak silaturrahmi akan menimbulkan rasa kasih sayang sesama manusia. Karena banyak saudara yang akan bahu membahu dalam memecahkan berbagai problematika hidup. Sehingga umurnya akan bermanfaat bagi orang lain, walaupun sudah meninggal ia akan banyak diingat dan dibicarakan karena kiprahnya. [1]


[1] Syafi’i, Rachmat 2000. Al Hadits Aqidah, Akhlaq, Sosial, Hukum. Bandung: Pustaka Setia hal. 207-209

 


Tidak ada komentar on "Silaturrahmi yuukkk :D

Leave a Reply

Blogroll